“Evolusi Suzuki Shogun: Dari Tornado Hingga Legenda Motor Bebek”

Suzuki Shogun merupakan salah satu motor bebek legendaris yang pernah hadir di Indonesia. Perjalanan Shogun tidak lepas dari evolusi yang terjadi sepanjang kehadirannya di pasar otomotif tanah air.

Shogun generasi pertama, yang sering disebut “Shogun Kebo”, lahir pada 1995-1997. Motor ini masih menggunakan rem teromol, sebelum akhirnya berganti ke rem cakram pada edisi berikutnya pada 1997-1999, yang disebut Tornado GS110.

Generasi kedua Shogun, yang kemudian dikenal sebagai New Shogun 110R, diluncurkan pada 2000. Desain kompaknya menjadi daya tarik utama dibandingkan model sebelumnya yang lebih gemuk. Perubahan ini tidak lepas dari persaingan dengan Honda Supra X yang kian ramping.

“New Shogun 110R merupakan Shogun generasi dua yang eksis pada 2000-2004. Shogun generasi pertama (Shogun Kebo) lahir 1995-1997 memakai rem teromol, dilanjutkan edisi berikutnya tahun 1997-1999 dengan rem cakram seperti Tornado GS110,” jelas sumber internal 2W Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada Kompas.com.

Kehadiran New Shogun 110R terbukti mampu menjadi pesaing tangguh bagi Honda Supra X yang sebelumnya mendominasi pasar motor bebek. Dalam kurun waktu 2000-2004, penjualan New Shogun 110R mencapai angka hampir 900.000 unit.

Angka yang sangat besar untuk sebuah motor bebek. Bahkan, penjualan Shogun saat itu dapat dikatakan melebihi penjualan motor-motor Suzuki saat ini.

Selain di pasar penjualan, Shogun juga populer di kalangan modifikator. Bagian-bagian motor ini, khususnya batok kepalanya, banyak dipakai untuk memodifikasi Suzuki Satria 120.

Meski balapan motor bebek 4-tak belum sepopuler kelas 2-tak kala itu, Shogun juga turut menunjukkan taringnya di lintasan balap. Hal ini membuktikan bahwa motor ini tidak hanya andal sebagai kendaraan harian, tapi juga sanggup bersaing di ajang balap.

Sayangnya, setelah masa kejayaannya pada 2000-an, Shogun mulai kehilangan pamor di pasar motor bebek. Suzuki akhirnya menghentikan produksi Shogun pada 2013 dan memfokuskan pada produk-produk lain yang dianggap lebih menjanjikan.

Meskipun demikian, Shogun tetap menjadi salah satu motor bebek legendaris yang pernah hadir di Indonesia. Evolusi yang terjadi sepanjang perjalanannya menjadikan Shogun sebagai motor bebek ikonik yang sulit terlupakan.

Exit mobile version